BERBURU HARTA KARUN KE-2 DI SEKOLAH POMOSDA ~ BELAJAR DAN BERKARYA DEMI LII'I LAA-I KALIMATILLAH

BERBURU HARTA KARUN KE-2 DI SEKOLAH POMOSDA

Horreee…dengan lantang teriak mereka terbesit bahagianya tlah menemukan harta karun.

Begitu juga disusul kelompok lain sambil jogetan asolulei….Namun, ada kelompok si “Geol” yang menunjukkan raut muka sedih belum sama sekali menemukan harta karun.
Ya !, itulah istilah  bagi mereka yang berasil menemukan harta karun adalah tlah mencapai “KKM”, pada eksplorasi pencarian harta karun minggu kemarin. Kami selaku Ustad.Pengampu, bagi mereka yang belum menemukan harta karun atau disebut belum mencapai “KKM”, maka kami beri “Remedial”.

Bagaimana cara membuat media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan yang tidak kalah menarik dengan pencarian harta karun minggu kemarin?
Game..Ya!, itulah jawabannya…game/permainan salah satu penunjangnya. Bukan tidak mungkin para siswa menjadi cepat menguasai pelajaran hanya lewat permainan yang diberikan berkaitan dengan topik pelajaran.

Kuis dan game, memang menarik!. Nah, kali ini saya coba mengimplementasikan tentang Kahoot, aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat kuis dan game sederhana.

Kahoot memiliki 4 fitur: game, kuis, diskusi dan survey. Untuk game, kita bisa membuat jenis pertanyaan, dan menentukan jawaban yang paling tepat serta waktu yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Nah, disinilah serunya. Selain mencari jawaban yang tepat, peserta hanya memastikan agar tidak salah sentuh (klik) ketika memilih jawaban. Uniknya, jawaban nantinya akan diwakili oleh gambar dan warna.

Aplikasi ini mirip dengan permainan "Who wants to be milionare", bedanya Kahoot! tidak menampilkan tulisan di setiap pilihan jawabannya, melainkan hanya menampilkan simbol, seperti segitiga dan lingkaran (gambar dan warna).

Apps ini mungkin sangat berguna untuk para ustd/guru yang ingin me"ngetes" pengetahuan siswanya, misalnya di akhir pelajaran. Dengan "tes" ini, siswa bisa diajak bermain, sambil secara tak sadar mengulang kembali pelajaran yang baru saja atau telah diajarkan ustd/guru.
Kuis ini juga bisa digunakan pada saat pre-test sebelum masuk pada materi baru, latihan, post-test, penguatan materi, remedial, pengayaan dan lainnya, yang pasti sebagai variasi dalam menyampaikan materi agar siswa tetap fokus dan minat pada pembelajaran.

Peralatan yang harus dipersiapkan dalam memainkan Kahoot – Kuis ini adalah:
1. Laptop Utama, digunakan untuk membuka soal dan kontrol ustd/guru.
2. Proyektor, digunakan untuk menampilkan tampilan soal pada laptop ke layar agar mampu dilihat banyak siswa.
3. Perangkat Siswa bisa berupa laptop, ponsel  cerdas atau tablet, digunakan untuk menjawab soal pilihan.
4. Jaringan Internet.

Kelas di mulai:
1. Masing-masing kelompok mendiskusikan 2 siswa yang terbaik untuk perwakilan.
2. Anggota lainnya sebagai supporter untuk motivasi atau yel-yel memberikan semangat
3. Dapat pengarahan dari Ustad/Guru  tentang aturan main dan tatib permainan sebelum dimulai

Kelebihan- kelebihan yang dimiliki oleh Kahoot  antara lain pada web tool ini memungkinkan guru untuk membuat kuis, diskusi maupun survey dengan memasukkan berbagai elemen seperti video, gambar maupun teks. Kemudian siswa  dapat mengakses dengan menggunakan beragam perangkat yang berbeda seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat lainnya dengan mudah.
Ustd/guru juga bisa menambahkan batasan waktu untuk menjawab kuis yang sudah diberikan sehingga bukan hanya jawaban benar saja yang diperlukan, namun juga ketepatan waktu juga menjadi poin utama dalam menjawab kuis yang diberikan oleh ustad/guru.

Selain itu, kahoot dalam pembelajaran juga dapat membantu ustad/guru untuk mengumpulkan umpan balik informal dari siswa, menilai pemahaman belajar siswa, dan membuat jajak pendapat tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas. Dalam segi kreativitas, Kahoot memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjawab pertanyaan tapi juga membuat pertanyaan mereka sendiri.

Salam dari Ustad/guru keratif

Untuk tutorial membuat akun Kahoot, silakan klik link dibawah ini :

https://adin200.blogspot.com/2018/10/tutorial-membuat-kuis-interaktif-dengan.html


Tonton Video menerapkan kuis Kahoot di POMOSDA


Artikel yang terkait BERBURU HARTA KARUN KE-1 DI SEKOLAH POMOSDA, tidak kalah menarik dan serunya....Silakan klik tautan dibawah ini :


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts