BERBURU HARTA KARUN KE-1 DI SEKOLAH POMOSDA ~ BELAJAR DAN BERKARYA DEMI LII'I LAA-I KALIMATILLAH

BERBURU HARTA KARUN KE-1 DI SEKOLAH POMOSDA

Assalamualaikum....
Apa yang tersirat di benak anda ketika mendengar istilah Harta Karun? Sebuah kotak penuh dengan emas permata, dan untuk mendapatannya Anda harus memecahkan sebuah teka teki yang rumit. Tetapi mungkinkan ada harta karun di sekolah?

Siang itu setiap kelompok santri terlihat memegang secarik kertas terlihat seperti mencari sesuatu dengan membalik-balik, bahkan ada kelompok lain yang pakai kaca untuk metode membacanya. Wajahnya terlihat tegang Karena dikejar waktu. Sesekali mereka tampak berdiskusi sambil menatap secarik kertas yang dibawanya, tertulis disana sebuah bait yang terbalik

"ıpɐnɐs˙˙˙pɐnɐs˙˙˙buɯı ʞu sәɯɐʞın pɐnɐs‘ bɐɥʞɐn polusı ʞәsәɥɐɹıɐnʞu bәɹʇɐɯbɐɥ‘ ʞoʞoɥnʎɐ bәʇon pılɐɹ bɐnбunɐn dәpɐn ɹuɐnб ɐsɐʇıdz ɯәɯbuɐʇ ıɹı ʞoʞoɥnʎɐ pɐdɐ nıɐʇ  ʞoɯıʇɯәn ndәɹәʞ dɐn ɯәnʎәʞuʎunб pɹoбɹɐɯ bәlıɐu"

Teriakan kecil terdengar ketika mereka berhasil mencari apa yang mereka inginkan. Sebuah gambar kecil tertempel di sebuah pilar beton. Ya, petunjuk yang mereka bawa tadi mengarah pada sebatang pilar beton depan kantor ruang asatidz. Salah satu dari mereka segera menggunakan HP-ustad, mengarahkan kamera ke gambar kode QR tersebut, kemudian asik terlihat diskusi.

Apa yang mereka lakukan sebenarnya? Mereka sedang mengikuti Ulangan Harian!
Berburu harta karun hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk aktifitas ulangan harian TIK Hardware.
Budaya membaca di tempat saya tidaklah terlalu tinggi, apalagi jika dikaitkan dengan membaca buku pelajaran. Sehingga kita selaku ustad yang harus kreatif memunculkan kemauan minat baca pada santri. Kali ini santri tanpa sadar dipaksa untuk membaca.

Memulai aktifitas berburu harta karun santri bekerja secara berkelompok.
Langkah pertama:
yaitu, memecahkan kata sandi terbalik untuk mencari QR Code yang tertempel berdasarkan petunjuk dari sandi puisi tulisan terbalik tersebut.

Yang Kedua : 
Mereka diminta untuk membuat soal dan jawabannya dari Bab tertentu dari buku yang sudah ditentukan. Tahap ini memaksa mereka untuk membaca. Selesai dibuat, soal dikonsultasikan kepada ustand pengampu. Dengan melakukan konsultasi, ustand bisa mengukur pemahaman mereka, juga mengoreksi jika ada soal yang kurang tepat.
Selanjutnya adalah menulis soal yang sudah dikonsultasikan pada sebuah aplikasi yang namanya Google Form. Google Form atau formulir online dan quiz untuk quiz online. Fitur quiz inilah yang dimanfaatkan untuk ulangan harian. Disini santri membuat soal, tapi yang menjawab adalah kelompok lain.

Ketiga : 
Dari jawaban soal google form di kirimkan via LSM Edmodo/Email/Google Class Room. Edmodo adalah pembelajaran E-Learning kelas maya. Kenapa pakai Edmodo? Siapa sih ngak kenal Facebook? Ya, Edmodo tampilan mirip Facebook maka saya gunakan supaya santri Familier dan bisa berkolaborasi mapel lain dari sekolah dalam negeri maupun luar negeri. 


Ketika ulangan berlangsung, masing masing kelompok membaca petunjuk yang mereka beri dari ustad pengampu. Perburuan harta karun dimulai! Berdasarkan petunjuk yang didapat dari tulisan puisi terbalik santri mencari QR code dari kelompok lain, dan ketika sudah menemukan dengan aplikasi QR Code Reader / Scanner mereka akan membuka link yang mengarah pada soal yang sudah dibuat kelompok lain.

Berdasarkan pengalaman, dibandingkan dengan ulangan menggunakan kertas hasil yang didapat lebih baik dari segi nilai, Karena dengan membuat soal kita bisa memastikan santri sudah membaca dan belajar dari bab yang ditentukan. Ulangan-pun berjalan lebih menyenangkan bahkan mereka tidak sadar sesungguhnya sedang melakukan ulangan harian.
Untuk melakukan kegiatan ini secara tehnis yang dibutuhkan adalah HP punya ustad. Dengan HP sebagai media pembelajaran supaya santri tidak gaptek dengan aplikasi QR Code sebagai ganti Bar Code yang ada sekarang.

Silakan klik tautan video Berburu Harta Karun-1 di Sekolah POMOSDA dibawah ini :


 https://www.youtube.com/watch?v=ln0_KI9ao64

 Salam dari Ustad Inovatif dan Kreatif

Ttd

TIK Hardware

Wassalamualaikum....

Jangan lupa beri likes dan subscribe


Artikel terkait BERBURU HARTA KARUN KE-2 gk kalah serunya, silakan klik dibawah ini:

https://adin200.blogspot.com/2018/10/berburu-harta-karun-ke-2-di-pomosda.html
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Popular Posts